PERBEDAAN GENG MOTOR, CLUB MOTOR DAN MOTOR COMMUNITY
7012009
GENG MOTOR
Sekarang geng-geng motor udah berada dalam taraf berbahaya, tak segan mereka tawuran dan tak merasa berdosa para geng tersebut membunuh. Perbedaan mencolok dari geng motor dan club motor adalah :
- kebanyakan anggota geng motor ogah pake perangkat safety seperti helm, sepatu dan jaket.
- membawa senjata tajam yang dibuat sendiri atau udah dari pabriknya seperti samurai, badik hingga bom Molotov.
- biasanya hanya nongol malam hari dan tidak menggunakan lampu penerang serta berisik.
- jauh dari kegiatan sosial, tidak pernah membuat acara-acara sosial seperti sunatan masal atau kawin masal, mereka lebih suka membuat acara membunuh masal.
- anggota nya lebih banyak ke pada kaum lelaki yang sangar, tukang mabok, penjudi dan hobi membunuh, sekalipun tidak menutup kemungkinan ada kaum hawa yang ikut dan cewek yang ikut geng motor biasanya Cuma dijadikan budak nafsu cowok masal.
- motor yang mereka gunakan bodong, gak ada spion, sein, hingga lampu utama. Yang penting buat mereka adalah kencang dan mampu melibas orang yang lewat.
- visi dan misi mereka jelas, hanya membuat kekacauan dan ingin menjadi geng terseram diantara geng motor lainnya hingga sering terjadi tawuran diatas motor.
- tidak terdaftar dikepolisian atau masyarakat setempat.
- kalau nongkrong, lebih suka ditempat yang jauh dari kata terang. Lebih memilih tempat sepi, gelap dan bau busuk.
- kalau pelantikan anak baru biasanya bermain fisik, disuruh berantem dan menenggak minuman keras ampe jackpot (muntah-muntah).
Jelas bukan ciri-ciri mereka, namun sekarang perlu diwaspadai karena ada geng motor yang berkedok club motor. Berpakaian rapi, safety dan penuh perlengkapan berkendaraan namun arogan, anarkis dan egois kalau dijalan serta tak segan mereka membuat rusuh bila merasa diganggu. Selama AD/ART mereka jelas dan terdaftar dipihak kepolisian, club motor gak bakal berubah menjadi geng motor.
CLUB MOTOR
Club motor biasanya beranggotakan oleh orang-orang yang mempunyai hobi menyemplak motor. Tidak sedikit berada dibawah bendera pabrikan motor dan mempunyai nama dengan embel-embel pabrikan. Kegiatan club motor lebih mendasar ke arah kampanye safety riding dan kegiatan social. Adapun cirri-ciri khas anak club motor adalah :
- perlengkapan safety dalam berkendara benar-benar komplit.
- motor dan pengendaranya sama-sama lengkap bahkan biasanya ditambah box dibelakang motor buat menaruh helm dan peralatan motor.
- biasanya setiap club motor hanya terdiri dari satu merk dan satu tipe motor saja namun ada juga yang campur-campur.
- nongkrong atau kopdar ditempat yang ramai agar bisa dilihat masyarakat sekaligus ajang silahturahmi kepada club motor lain yang kebetulan melintas.
- pelantikan anggota baru biasanya tanpa kekerasan, hanya untuk having fun dan memberi pengetahuan seluk beluk berlalu lintas yang benar.
- mempunyai visi dan misi yang jelas dan jauh dari ruang lingkup yang anarkis.
- melakukan kegiatan touring ke daerah-daerah sembari membagikan sumbangan.
- AD/ART mereka jelas dan tercatat dalam kepolisian atau wadah dari perkumpulan club motor.
- saling tolong menolong terhadap anggota club motor lain ketika dijalan mendapatkan trouble.
- setiap club motor memiliki tujuan dalam berkendara dan peraturan-peraturan yang tidak membebankan anggotanya.
Mudah mencirikan club motor, karena salah satu ciri mereka yaitu tidak ugal-ugalan dijalan walaupun masih ada club-club motor yang masih memiliki sifat arogan serta pengetahuan berlalu lintas yang minim. Harga diri club motor lebih terhina bila kedapatan anggotanya tidak tertib dijalan raya dan tidak dianjurkan memecahkan masalah dengan baku hantam tetapi lebih fleksibel dan bermusyarah bila ada masalah di jalan atau dalam perkumpulan.
MOTOR COMMUNITY
Komunitas motor memang tidak jauh beda dengan club motor, sama-sama tidak melakukan kegiatan yang berbau rusuh dan tawuran namun dari segi peraturan dan safety riding, komunitas motor berbeda jelas dan hanya lebih mengandalkan kegiatan touring tanpa embel-embel dari pabrikan motor. Ciri-ciri nya sebagai berikut :
- biasanya community hanya terdiri dari berbagai tipe motor dan merk motor, bebas dan berbagai amacam aliran ada.
- berdiri dibawah bendera perkumpulan orang-orang komplek, pabrikan atau perusahaan dan instansi-instansi yang terkait.
- AD/ART mereka lebih simple tidak terlalu banyak aturan bahkan safety berkendaranya pun bisa diminimalisir semisal boleh pake sandal dan helm buat boncenger gak perlu half face.
- sama seperti club motor, mereka juga suka melakukan kegiatan sosial.
- bila melakukan touring ke suatu daerah, barisan yang mereka buat kurang begitu baik dan tidak teratur seperti club motor.
- lebih mengedepankan solidaritas, apapun motornya yang penting mau solid dan bekerja sama.
- pelantikan anggota baru jauh dari kata anarkis dan hanya sekedar pengenalan community dan peraturan saja.
- anggota-anggotanya hanya sekadar komunitas, biasanya terbentuk karena sering nongkrong bareng dan bedasarkan keinginan membangun sebuah wadah bila ingin melakukan touring.
- nama dan lambang mereka ada yang tercatat di kepolisian tetapi ada pula yang tidak dan hanya sebatas kumpulan anak motor saja.
- tidak berbeda jauh dengan club motor.
Apapun jenis perkumpulan para bikers, bila mengacu pada kedamaian dan persatuan yang solid itu tidak akan menjadi masalah yang berarti bagi masyarakat. Saling tolong menolong akan mampu meningkatan kekompakkan mereka dan tidak adanya rasa sombong kepada club atau community lain, kalau bertemu saling klakson agar tidak dicap sombong. Ton…ton….
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar